Wednesday, February 14, 2007

U TANYA? I JAWAB!

( Anda tanya apa saja tentang menulis, kami menjawabnya. )

? Bagaimana memulai menulis - Charles, 36, kontraktor.

! Mulailah menulis.


? Kadang saya banyak ide, kadang ‘blank’ sama sekali. Apa saran anda – Nina, 15, pelajar di Petra.

! Normal. Kalau terus-terusan banyak ide atau ‘blank’, anda mungkin abnormal.


? Pacar saya kolumnis majalah pria, kadang ia membatalkan kencan demi ‘ide mendadak’, apa yang harus saya perbuat – Mei Ling, 24, Shopermania.

! Buat daftar acara darurat untuk mengimbanginya. Dorong dia memanfaaatkan Voice Recorder atau PDA-nya untuk menuliskan ide sambil jalan bareng dengan anda. Bersama dalam satu waktu & tempat, kadang bukan berarti benar-benar “bersama”.


? Apakah saya terlambat untuk menulis, itu cita-cita saya waktu masih anak-anak – Padmosastro, 87, pensiunan ABRI

! Kalau anda tanya-tanya melulu, ya pasti makin terlambat. Sekarang jangan buang waktu lagi

No comments: