Wednesday, February 21, 2007

Intermezzo: Buku

Buku adalah pengusung peradaban. Tanpa buku sejarah diam, sastra bungkam, sains lumpuh, pemikiran macet. Buku adalah mesin perubahan, jendela dunia, “mercu suar” seperti kata seorang penyair, “yang dipancangkan di samudera waktu”. [Barbara Tuchman, 1989]


Buku adalah jendela. Sukma kita melihat dunia luar lewat jendela ini. Rumah tanpa buku bagaikan ruangan tak berjendela. [Henry Ward Beecher, 1870]


Buku itu seperti taman, Yang bisa dimasukkan ke dalam kantong. [Pepatah Tiongkok]


Buku adalah benda luar biasa. Buku itu seperti taman indah penuh dengan bunga aneka-warna, seperti permadani terbang yang sanggup melayangkan kita ke negeri-negeri tak dikenal sebelumnya. [Frank Gruber, 1944]


Buku menghirup udara dan menghembuskan minyak wangi. [Eugene Field, 1896]


Buku harus menjadi kampak untuk menghancurkan lautan beku di dalam diri kita. [Franz Kafka, 1883-1924, cerpenis dan novelis Austria]


Tanpa buku Tuhan diam, keadilan terbenam, sains alam macet, sastra bisu, dan seluruhnya dirundung kegelapan. [Thomas V. Bartholin, 1672]


Buku adalah teman paling pendiam dan selalu siap di tempat. Penasihat yang paling mudah ditemui dan paling bijaksana, serta guru yang luar biasa sabar. [Charles W. Eliot, 1896]


Saya tidak membaca buku; Saya berbicara dengan pengarangnya. [Elbert Hubbard, 1927]


Buku berfikir untuk saya. [Charles Lamb]


Buku itu cermin, kalau keledai bercermin disitu, tak akan muncul wajah ulama. [G.C. Lichtenberg]


Buku sebenarnya bukanlah yang kita baca, tapi buku yang membaca kita. [W.H. Auden, 1973]


Wanita piaraan saya, buku. [S.J. Adair Fitzgerald]


Kalau ada uang sedikit, saya beli buku, kalau masih ada sisanya, saya beli makanan dan pakaian. [Desiderius Erasmus]


Biarlah saya jadi orang miskin, tinggal di gubuk tapi punya buku banyak daripada jadi raja tapi tak suka membaca. [Thomas B. Macaulay, 1876]


Banyak orang seperti saya. Orang yang perlu buku, seperti mereka perlu udara. [Richard Marek, 1987]


Saya tak bisa hidup tanpa buku. [Thomas Jefferson, 1815]


Duduk sendirian di bawah sinar lampu, buku terkembang di depan, bercakap-cakap secara akrab dengan manusia dari generasi yang tak tampak. Sungguh suatu kenikmatan yang tak bertara. [Yoshida Kenko, 1688]


Kebiasaan membaca itu satu-satunya kenikmatan yang murni ketika kenikmatan lain pudar, kenikmatan membaca tetap bertahan. [Anthony Trollope]


Orang mana bisa tahu tentang waktu yang dihabiskan dan susah payahnya belajar membaca (buku)? Saya sudah 80 tahun berusaha, belum juga mencapai tujuan. [Goethe]


Seseorang kehilangan kontak dengan kenyataan bila tidak dikelilingi buku-bukunya. [Francois Mitterand, Presiden Prancis, 1982]


Seperti daging untuk jasmani, begitulah bacaan untuk jiwa. [Seneca]


Membaca buku bagus seperti bercakap-cakap dengan orang hebat dari abad-abad terdahulu. [Rene Descartes, 1617]


Orang dapat memperoleh pendidikan kelas atas dari rak buku sepanjang lima kaki. [Charles William Eliot, Rektor Universitas Harvard]


Universitas sejati hari ini adalah sebuah kumpulan buku. [Thomas Carlyle]

No comments: