Tuesday, October 16, 2007

Vancouver International Writers and Readers Festival

Kayaknya tidak begitu banyak penulis top Canada yang dikenal terutama di dunia fiksi. Maka tepat pula kota Vancouver mengadakan festival penulis Internasional dan pembaca. Yang diadakan dari tanggal 16 sampai dengan 21 Oktober 2007. Dan tahun ini merupakan tahun yang ke 20 bagi Vancouver mengadakan acara tahunan ini. Acara ini selain bertujuan untuk saling bertukar pengalaman dari para penulis di mancanegara. Juga untuk menggairahkan memunculkan penulis-penulis baru berkualitas internasional dan menggalakkan pembacaan buku fiksi atau pun non-fiksi.

Tidak banyak penulis dari Canada yang kukenal, mungkin seperti Alice Munro (cerpenis), Margaret Atwood (penulis novel, cerpen, puisi, anak-anak), Jane Urquhart (novelis), Alistair Macleod (novelis), Douglas Coupland (novelis); dan banyak dari kita yang dari Indonesia mengenal penulis Internasional satu ini yakni Michael Ondaatje, meski beliau tidak lahir di Canada tetapi telah menetap di Canada.

Dan penulis top yang paling anyar menetap di Canada adalah Yann Martel dengan novelnya yang secara gerilya memenangkan banyak penghargaan "Life of Pi". Panitya festival bekerja sama dengan penerbit Canada, Random House akan menghadirkan Yann Martel di Vancouver pada bulan Desember 2007.

Menumbuhkan seorang penulis yang berkualitas tidaklah mudah. Bukan hanya diperlukan bakat, fasilitas tetapi juga usaha kepelatihan kepenulisan, kecerdasan, kesabaran dan tahan banting. Salah satu produk lokal Jen Sookfong Lee lulusan Universitas British Columbia jurusan kepenulisan kreatif menerbitkan sebuah novel pertamanya setelah 20 tahun bergelut dengan dunia tulis menulis. The End of East, judul dari novel pertama Lee mendapat banyak pujian dari pengulas buku dari berbagai surat kabar Canada.

No comments: