Wednesday, May 9, 2007

Kekuatan Pena



Oleh: John Bunyan


Ketika semula aku memegang pena,

Ya, untuk menulis -- aku tidak menduga

Kalau akhirnya akan membuat buku kecil

Seperti ini: Tidak, pena itu kuambil

Untuk menuliskan hal lain; yang, ketika hampir selesai,

Baru kusadari buku ini telah kumulai.

Dan terjadilah demikian: Aku menulis tentang jalan

Dan perlombaan orang-orang kudus, pada masa Injil kita ini,

Yang tiba-tiba berkembang menjadi suatu kisah kiasan,

Mengenai perjalanan mereka, dan jalan menuju kemuliaan,

Dalam lebih dari dua puluh kisah yang kutuliskan:

Inilah yang terjadi, lebih dari dua puluh kisah dalam benakku;

Dan kisah-kisah itu mulai berlipat ganda,

Seperti percikan bara api beterbangan dari batu bara menyala.

Namun, tidak, pikirku, kalau kamu berkembang begitu cepat,

Aku akan membiarkan kamu berkembang dengan sendirinya

Sampai kamu memperlihatkan ketidakterbatasan,

dan menghabiskan buku yang hampir selesai kutulis.

Baiklah, itu yang kulakukan, namun aku tak pernah berpikir

Akan menunjukkan pada seluruh dunia pena dan tintaku

Dengan cara seperti ini; aku hanya berpikir untuk memahami

Apa yang tidak kupahami; aku pun tidak melakukannya

Untuk menyenangkan sesamaku: tidak, sama sekali tidak;

Aku melakukannya untuk kepuasan sendiri.

Tidak pula aku menghabiskan waktu luang

Dengan tulisan cakar ayam ini; aku tidak bermaksud demikian

Namun aku melakukannya untuk menghindarkan diriku

Dari gagasan gagasan buruk

Yang dapat membuatku berbuat salah.

Jadi aku menggoreskan pena pada kertas dengan sukacita,

Dan dengan segera gagasanku mengalir hitam di atas putih.

Dengan cara yang seperti itulah,

Selama aku menuliskannya, kisah itu mengalir;

Aku menuliskannya: Sampai akhirnya kisah ini terselesaikan,

Panjang, lebar dan besar seperti kamu lihat.

No comments: