Thursday, May 10, 2007

Donna VanLiere dan Sepatu Natal

Donna VanLiere adalah penulis penjualan terbaik dari seri Harapan Natal (Christmas Hope) versi New York Times dan USA Today, yang mana buku lainnya berjudul Sepatu Natal (Christmas Shoes) dan Berkat Natal (Christmas Blessing). Suaminya adalah manajer dari kelompok penyanyi Kristen Newsong. Dan Newsong menyanyikan lagu Sepatu Natal yang selalu menjadi lagu populer banyak radio di Amrik setiap hari Natal.

Aku lahir dan besar di Northeastern Ohio. Musim dingin disana banyak salju dan dingin. Aku akan menunggu di garasi mobil sambil melompat dan bergerak-gerak untuk menghangatkan tubuh, dan ketika kulihat bis sekolah berhenti di seberang jalan, tanpa menghiraukan salju yang betumpuk aku berlari menuju bis sekolah tepat pada waktunya. Aku teringat menulis cerita pertamaku pada waktu sekolahku dulu. Aku berada di kelas dua. Aku menulis seekor beruang dan keluarganya tetapi aku tak mau mengingatnya lagi setelah halaman pertama ketika seorang anak laki bernama Mike mengintip tulisanku dan berkata mengapa aku menulis cerita yang bodoh mengenai seekor beruang. Aku berharap aku menyimpan cerita itu dan menyelesaikannya. Setelah itu aku mengalami hal yang paling sulit dalam menulis…..memulai sesuatu.


Jika ada tanda yang mengingatkanku untuk menjadi seorang penulis semasa sekolah menengahku, aku takut untuk kehilangannya. Aku pun menulis waktu itu untuk majalah sekolah dan kapanpun mereka memerlukan cerita untuk pertunjukkan. Di perguruan tinggi aku mendapatkan kesempatan yang lebih besar. Aku belajar tentang penyiaran dan teater, tetapi sekali lagi aku tidak menemukan tanda selama masa itu.


Setelah aku menikah, kami pindah ke Nashville. Aku menulis terus hanya sebagai pekerjaan sampingan, aku tidak pernah berpikir bahwa aku dapat hidup dengan hanya menjadi seorang penulis. Pekerjaan teater, iklan dan radio menolongku membiayai hidupku karena aku mempunyai latar belakang pendidikan di area tersebut. Tetapi panggilan untuk menjadi penulis tetap ada pada diriku. Karena dorongan yang tak pernah berhenti tersebut, maka aku memutuskan untuk menulis apa yang suka kubaca yakni cerita.


Buku pertamaku adalah They Walked with Him (Penerbit Howard, 2001) berisi tentang kisah hidup para rasul. Buku kedua, Sheltering Trees: The Power, Promise and Refuge of Friendship (Penerbit Howard, 2001) tentang persahabatan dari orang-orang ternama baik dia itu artis, penulis dan pembicara misalnya seperti penyanyi country Randy Travis dan pembicara motivasi Zig Ziglar. Yang tak pernah aku harapkan, buku kedua ini menerima penghargaan Silver Angel Award (penghargaan dari organisasi di Kalifornia untuk segala media yang berisi tentang moral, etika dan sosial).


Dan kemudian tibalah Sepatu Natal. Temanku Eddie Carswell, penyanyi dari kelompok Newsong memberitahu bahwa dia sedang menulis sebuah lagu Natal. Dia bertanya bagaimana membuat lagu Natal yang indah. Dan kukatakan padanya, hal itu dimulai dari cerita yang indah dari sebuah buku. Akupun mulai membuat kerangka (outline) sehingga aku dapat membuat alur cerita dan karakter. Sementara itu Newsong telah mengeluarkan album Natal, Sepatu Natal (The Christmas Shoes) pada musim dingin tahun 2000. Dalam tiga minggu lagu itu telah berada di puncak tangga lagu dari Billboard, menjadi salah satu lagu yang mencapai puncak tangga nomer satu yang tercepat.




Penerbit St. Martin menerbitkan novel The Christmas Shoes pada akhir bulan Oktober 2001 dengan cetakan pertama sebanyak 300.000 eksemplar. Delapan edisi cetakan diterbitkan lagi setelah itu. Dan diperkirakan sebanyak 2.000.000 buku terjual habis dua minggu sebelum Natal 2001, pembaca pun rela untuk menunggu cetakan edisi berikutnya.


Dan buku ini masuk dalam daftar The New York Times Bestseller dan stasiun tv CBS membuatnya film tv pada 1 Desember 2002 dengan bintang utama Rob Lowe (The West Wing) dan Kimberly Williams (Father of the Bride). Film The Christmas Shoes menduduki peringkat ketiga yang paling banyak ditonton pada minggu tersebut. CBS memutar ulang pada Desember 2003 bersamaan pada malan itu juga diputar film Titanic, seorang direksi CBS mengatakan, “The Christmas Shoes menenggelamkan Titanic (secara banyaknya penonton).”


Catatan:

Tahun 2005 CBS membuat film televisi The Christmas Blessing (peringkat kedua dari film televisi yang paling banyak ditonton tahun itu). Buku terbaru Donna terbit tahun 2006 dengan judul The Angels of Morgan Hill.

No comments: