Monday, November 10, 2008

Gimana Menulis Novel Dalam 100 Hari (2)

Buatlah jadwal tetap yang detil utnuk menulis. Disarankan menulis tiap hari (lihat hari pertama). Hal ini sangat penting karena dalam menulis novel bukan rahasia lagi, anda akan kecewa, bosan, marah, kehilangan gairah menulis; maka anda perlu menetapkan jadwal yang tetap untuk membuat anda tetap menulis.

Pertama mungkin anda akan kesulitan menentukan jadwal tetap untuk menulis, apalagi jika anda disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga, tetapi tetaplah konsentrasi menjaga komitmen anda untuk menjalankan misi anda, se-teratur mungkin.

Apa yang dimaksud dengan waktu yang detil? Sebagai contoh, dua jam di pagi hari, dua jam di malam hari (hari Senin hingga hari Jum'at) dan empat jam di pagi hari, empat jam di malam hari pada akhir pekan (hari Sabtu misalnya). Hari Minggu anda bisa gunakan untuk berlibur bagi diri atau keluarga anda. Dan tidak sedikit penulis novel yang ingkar janji pada dirinya sendiri. Maka pilihlah waktu yang benar-benar dapat anda lakukan, tanpa ada alasan apa pun yang akan menghalanginya.

1 comment:

Jerry Gogapasha said...

Hhmm.. terima kasih atas tips menarik ini. GBU