Monday, November 10, 2008

Gimana Menulis Novel Dalam 100 Hari (1)

Ini bukan seperti cerita dongeng dari negari 1001 malam. Mungkin hal itu kelamaan (sampai 1001 malam). Pembacanya sich udah pada kabur alias kagak menggubris, novelnya bagus apa engga. Kelamaan. Maka ada penulis profesional yang mengajarkan menulis novel dalam 100 hari atau bahkan kurang dari itu. Engga heran penulis top seperti Stephen King, bisa menelorkan (kalau saja dia bertelor) banyak buku bovel, mungkin saja dia memakai metode ini. Engga ada salahnya jika pengen tahu apa aza yang harus dialakukan dalam 100 hari.

Hari Pertama

Editorial majalah New Yorker yang seorang penulis juga, E.B. White berkata, "Anjuran seorang penulis dengan mudah dapat mengagalkan seorang penulis pemula... saya kagum dengan seseorang yang mempunyai keberanian untuk menulis apa saja."

Di hari pertama seperti ini (jika anda mempunyai tujuan menulis novel), berjanjilah pada diri anda bahwa anda akan melakukan misi anda. Hal ini sangat penting. Tanpa komitmen tersebut, anda akan menghemat uang anda untuk membeli kertas dan pensil. Hal itu tak akan pernah terjadi (tanpa komitmen). Ingat, menulislah sesering mungkin (bahkan tiap hari). Itulah penulis (profesional) yang mereka lakukan..... mereka menulis.

No comments: