Monday, March 12, 2007

Intermezzo: Kutipan

“Biasanya, ketika pembaca sampai pada bab terakhir, mereka menutup buku dan pergi tidur. Aku menulis bukuku dengan hati-hati jadi ketika pembaca sampai bab yang terakhir, dia akan membuka satu halaman lagi. Ketika pembaca berkata bahwa aku membuat mereka membaca terus sampai malam, aku merasa bangga akannya.” Sidney Sheldon


“Anda belajar menulis dengan menulis cerita pendek. Teruslah menulis cerita pendek. Uang akan mengalir ketika Anda menulis novel, tetapi menulis cerita pendek akan membuat tulisan Anda luwes dan tajam.” Larry Niven (penulis fiksi fantasi).


“Kebanyakan penulis dapat menulis buku lebih cepat daripada penerbit menulis cek mereka.” Richard Curtis (penulis skenario film Four Weddings and a Funeral, Notting Hill).


“Jika Anda seorang penyanyi, Anda akan kehilangan suara Anda. Pemain baseball akan kehilangan lengannya. Seorang penulis akan lebih matang, dan jika dia seorang penulis handal, semakin tua semakin baik tulisannya.” Mickey Spillane (penulis novel kriminal).


“Sebuah sukses adalah ketika Anda menyelesaikan sebuah buku, tumpukan halaman kertas yang penuh dengan kata-kata. Jika Anda mencapai titik itu, Anda adalah seorang pemenang yang akan sama bangganya dengan seorang berlengan satu berlayar keliling dunia.”

Tom Clancy (penulis novel The Hunt for Red October, Patriot Games).


“Saya kagum dengan orang yang berani menulis apa saja.”

E.B. White (Penulis buku Charlotte's Web)


“Saya pikir tidak semua orang harus menulis riwayat hidupnya setelah mereka meninggal.” Samuel Goldwyn (produser Hollywood).


“Saya menulis sama seperti saya bernafas, karena jika tidak, saya akan meninggal.” Isaac Asimov.


”Ketika saya tidak menulis, saya sekarat”. Neil Diamond (Penyanyi).


“Menulis adalah tindakan mengatakan “Aku” kepada orang lain, kata lainnya, dengarkan saya, lihat caraku, ubah pikiranmu.” Joan Didion (jurnalis, esais dan novelis).


Perbedaan antara fiksi dan realita? Fiksi masuk akal. Tom Clancy.


Saya tidak mempunyai waktu untuk menulis surat yang pendek, jadi saya menulis surat yang panjang sekalian. Mark Twain.

Saya melakukan riset dan kerangka tulisan buku saya selama delapan bulan. Jeffery Deaver


Saya membuat kerangka tulisan dan riset novel saya selama delapan bulan sebelum saya memulai satu kata pun dari novel saya. Jeffery Deaver


Peraturan pertama: Tulislah setting yang benar-benar Anda tahu.

Jeffery Deaver


Cara yang terbaik belajar menulis adalah belajar dari buku-buku penulis yang Anda sukai/kagumi. Jeffery Deaver


Kerangka tulisan adalah 95% dari sebuah buku. Kemudian saya duduk dan menulis, dan itu bagian yang sangat mudah. Jeffery Deaver


Ketika waktunya menulis buku, saya akan memadamkan lampu, melihat gambaran yang akan saya tulis dalam kegelapan. Jeffery Deaver (penulis novel The Bone Collector)


Jika Anda hanya menulis untuk menyenangkan penulisnya, itu adalah sia-sia. Blaise Pascal (1623 - 1662)

Tulis naskah pertama Anda dengan hatimu. Perbaiki dengan kepala Anda.

Dari film Finding Forrester

No comments: