Wednesday, June 6, 2007

Ensklopedia Kepala Putik: Florence Nibart Devouard

Nibart-Devouard saat bertemu dengan Jimmy Wales, (TEMPO hal 49)

Seorang ibu rumahtangga dari sebuah desa di Prancis memimpin situs ensiklopedia Wikipedia. Dia mengendalikan rekan-rekannya di seluruh dunia sembari mengurus taman bunga.


Malam belum lagi larut di Malintrat, Clermont Ferrand, sebuah kota provinsi di wilayah Prancis Tengah. Florence Nibart-Devouard dengan sabar tengah menunggui anak-anaknya tidur. Begitu mereka pulas, Flo bergegas membuka laptop. Inilah saatnya ibu tiga anak itu bekeja, memimpin rekan-ekannya di seluruh dunia secara maya.


Oktober 2006, Flo terpilih jadi pucuk pimpinan Yayasan Wikimedia, badan nirlaba yang bermarkas di Florida, Amerika Serikat. Dia mengelola situs ensiklopedia www.wikipedia.org. Peran itu dia jalani dari rumahnya di Malintrat sembari menghirup kopi dan memandang taman bunga.


Di komunitas maya, Flo, 38, populer dengan sebutan Anthere, yang artinya kepala putik bunga dalam bahasa Prabis. Dalam kehidupan pribadinya, bunga menempati ruang penting. Dia biasa mengurus kebun bunga. Flo adalah sarjana pertanian.


Si Kepala Putik mulai mengisi lembaran wikipedia dengan mengedit artikel berbahasa Inggris bertema modifikasi genetis organisme pada Februari 2002. Tema-tema tulisannya mulai berkembang ke dalam masalah ekologi, lingkungan, fillsafat, politik, hingga perang Irak. Dalam seminggu dia bisa menulis lebih dari 100 artikel dalam bahasa Inggris dan Prancis. Sampai-sampai ada yang berkomentar, Flo telah masuk kategori wikipediholik alias gila kerja.


Wikipedia membebaskan semua orang menulis. Setiap orang bisa menulis dan mengedit tulisannya sendiri atau orang lain di sini. Lembaga ini didirikan pada 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan beberapa sukarelawan. Wikipedia pun menjadi ensiklopedia maya terbesar di dunia. Jumlah artikelnya tiga kali lipat dari Britanica Online. Situs ini telah menyimpan enam juta artikel dalam 250 bahasa dan dikunjungi 100 juta orang tiap bulan. Meski bebas, situs ini punya sistem khusus untuk menapis data yang asal-asalan. Setiap perubahan tercatat di 25 server. Para administrator mengawasi seluruh perubahan di server. Pertemuan sesama pengurus Wikipedia dilakukan 6 atau 8 minggu sekali di Amerika atau negara Eropa yang ditunjuk.


Flo keluar dari perusahaan tempat ia bekerja, dan mengabdi di ruang maya. “Jauh lebih menyenangkan ketimbang menghabiskan 12 jam di kantor,” ujarnya. Kini lembaga nirlaba Wikipedia ini memiliki total aset bersih sebesar US$ 1.066.785 dari donatur sukarela. Flo ingin Wikipedia tetap berjalan sebagai ensiklopedia gratis dan terpercaya. Dia kini mendapat julukan baru: Madame Wikipedia dan akan menjabat hingga Juli 2008 nanti. Tapi “jabatan” yang paling dicintainya adalah menjadi ibu. “Punya anak dan bisa memerhatikan perkembangan mereka adalah hal yang jauh lebih menyenangkan,” katanya. [Yandi MR, TEMPO – Feb 2007].

No comments: